Kamis, 19 Desember 2013

Susahnya Main Air di Jakarta

Kamis, Desember 19, 2013

Kondisi Sungai Ciliwung Bojonggede Mirip Ciliwung Condet Tahun 80'an
( oleh : Calon Ibu Muda - Nur Faizah Rasyid )

“ Awas, hati-hati kena pelet Ciliwung. Sekali nyemplung ngga bisa lepas dari Ciliwung”

Itu kata-kata penyambutan pertama abang Sudirman Asun waktu awal gue gabung di komunitas ciliwung condet. Waktu itu sih Cuma ketawa-ketawa aja nanggepin becandaannya Bang Asun. Tapi kayanya kata-katanya bener, sejak awal gabung di KCC sampe sekarang kayanya hidup gue ngga jauh dari ciliwung.

Bayangin aja, gue ketemu jodoh di Ciliwung, abis nikah punya rumah dikelilingin sama Ciliwung (gang rumah gue itu tanjungan ciliwung, jadi depan rumah, Ciliwung, belakang rumah yaaa Ciliwung).

Sampe akhirnya gue hamil, tebaaaaaaak gue ngidamnya apaaaa????
Yup, beneeeer.. ngidamnya pengen main air di Ciliwung!!!
Hahahaa

Tapi coba dooong tengok ke kali cCliwung belakang rumah, warnanya coklat, lumpurnya setebel dengkul, banyak ikan sapu-sapunya, sampah bertebaraaan dimana-mana, baunya ngga enak, udah gitu banyak air buangan rumah tangga yang dibuang ke Ciliwung..
Naaaah gimana itu,  padahal harusnya ngidamnya gue mudah yaaa.. seandainyaaaa, ciliwung belakang rumah bersih, asri dan ngga banyak sapu-sapunya, gue bisa tinggal nyemplung ke belakang rumah. kebayang dong yaa gimana kalo gue nyemplung ke Ciliwung belakang rumah gue, terus tiba-tiba jempol kaki gue diemut ikan sapu-sapu.. weiiikkksss...

Akhirnya setelah tertunda hampir 3 bulan lamanya, ngidam gue kesampean di tanggal 8 desember 2013. Bang Eva, suami gue tercinta, akhirnya berbaik hati nganterin gue memenuhi keinginan si baby buat nyemplung di Ciliwung Bojonggede.
Berangkatlah kita pagi-pagi ke stasisun pasar minggu naik kereta terus turun di Stasiun Bojonggede.

Nyampe di Bojong, ternyata Ciliwungnya airnya lagi deres, tapi masa udah jauh-jauh dari Jakarta ke Bojong buat main air, akhirnya gue nekat buat tetep nyemplung ditemenin sama bang Eva.
Sampe 2 jam gue berendem di kali, dan abis itu kami pulang.

Sampe di jakarta gue capeeeee banget, kaki nya bengkak, pinggangnya pegel, karena jalan terlalu jauh. Sebenernya seandainya ciliwung bojong itu dekeeeet, gue bisa tiap hari kesana saking asiknya main di kali Ciliwung. Tapi perjalanan ke Bojong itu jauh.
Buat bmil baru gede(BBG) kaya gue, perjalanan ke bojong itu melelahkaaan..

Gue jadi berandai-andai betapa asiknya kalo kali Ciliwung Jakarta masih se asri kali Ciliwung Bojonggede.
Pasti tiap hari anak gue nanti bisa main di kali Ciliwung, pasti anak gue seneng banget kalo kali Ciliwung masih bersih..
Hhhhh, susahnya main air di Jakarta...

Faizah dan Eva sang suami di tanjakan getek Jl. Eretan II , Sungai Ciliwung Jakarta depan rumah .
Penuh sampah dan akses eretan juga sudah tidak ada tertutup lumpur hitam tebal
dengan makin kotornya air Sungai Ciliwung

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top