Rabu, 11 September 2013

Ikan Aligator di Sungai Ciliwung

Rabu, September 11, 2013


Ikan Aligator tertangkap di Sungai Ciliwung Cililitan oleh warga yang sedang memancing 28 Juni 2013.
Ikan Aligator merupakan ikan dari Amerika Selatan (Alien Species ) yang dibawa masuk oleh importir ikan Hias dan sudah mulai banyak dikembang biakan di Indonesia.

Ikan predator asing kian marak di perairan air tawar Indonesia, spesies asing ini berpotensi invasif menekan spesies asli dan merubah keseimbangan ekosistem dan menguasai puncak rantai makanan atau menguasai sumber pakan persaingan hidup dengan spesies ikan lokal.

Beberapa temuan yang menghebohkan masyarakat diantaranya penemuan Ikan Arapaima Gigas di Sungai Cimanuk dan juga merebaknya ikan Aligator di Waduk Jatiluhur dan Cirata Sungai Citarum.

Ikan asing dari luar Indonesia ini masuk ke Indonesia diduga dilakukan oleh kolektor ikan hias dan secara sengaja dilepas karena pemeliharanya sudah bosan atau tidak sengaja terlepas ke perairan umum karena banjir atau luapan air.

Ancaman paling nyata dari masuknya ikan introduksi ke dalam satu ekosistem adalah penguasaan habitat dan menguasai puncak rantai makanan dan menginvasi menekan populasi ikan lokal menuju kepunahan. 
Contoh yang paling nyata di Sungai Ciliwung adalah populasi tak terkendali ikan sapu sapu dari Amerika Selatan dan Ikan Mujair Nila dari Afrika.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top