Kamis, 29 Agustus 2013

Peluncuran "Rumah Bersama Ciliwung" di Seketariat GCB

Kamis, Agustus 29, 2013

Rumah Bersama Ciliwung

Pada tanggal 29 Agustus 2013 Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) meluncurkan "Rumah Bersama Ciliwung" di lokasi Seketariat GCB 
Jl. Penjernihan 1 Karet Tengsin
Tanah Abang - Jakarta Pusat

Gedung yang telah direnovasi terletak di tepi Sungai Ciliwung saluran Banjir Kanal Barat (BKB).
Gerakan Ciliwung Bersih yang digagas pada tahun 1989 adalah gerakan masyarakat pertama yang menggalang aksi bersama lintas pelaku (stake holders) untuk meningkatkan kepedulian semua pihak akan permasalahan Sungai Ciliwung.

Revitalisasi GCB di awal 2012 dimaksudkan untuk memadukan kembali komitmen dan energi positif yang ada menuju sungai yang lebih bersih di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Beberapa institusi pendiri berhimpun kembali dan penguatan institusi dan jaringan mulai digalakan lagi : Menteri PU, Menteri LH dan Gubernur DKI.

Tujuan Pemanfaatan "Rumah Bersama Ciliwung"


1. Menerapkan pendekatan terpadu dalam pengelolaan sungai dengan fokus pada Sungai Ciliwung terlebih dahulu yang selanjutnya bisa diterapkan di sungai sungai lain di Indonesia.

2. Melakuakn fasilitasi pengelolaan dan restorasi sungai berbasis masyarakat, dengan pemberdayaan Komunitas Ciliwung dari hulu ke hilir sesuai dengan kebutuhan mereka, serta menjembatani kerja sama dunia usaha dan pemerintah untuk membangun sinergi.

3. Mendukung instansi pemerintah pusat dan daerah dalam membangun sinergi di dalam maupun antar instansi dalam kerjasama berbasis ekosistem daerah aliran sungai khususnya Ciliwung, menuju tata kelola sungai yang lebih baik.

4. Meningkatkan kemitraan, berbagi informasi dan pengetahuan serta kerjasama yang selama ini masih berbentuk ad-hoc menjadi lebih berkelanjutan saling membantu dan saling menguntungkan.


(sumber : GCB )

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top