Rabu, 27 November 2013

Mari belajar dari China - Sungai Chao Bai Beijing

Rabu, November 27, 2013

 Sungai Chao Bai yang mengalir di tengah kota Beijing.
( foto : Merry Evangeline )
( oleh : Merry Evangeline )

Meski terkenal dengan kemacetannya, Beijing tetap menjadi pusat kota yang bersih dan nyaman bagi masyarakat setempat maupun wisatawan asing. 

Baik bagi masyarakat maupun pemerintah, sungai memiliki peran yang vital.
Pemerintah Beijing sangat memperhatikan kualitas air dan dinilai penting karena sungai akan mengalir ke hulu waduk terbesar Beijing dan menjadi persediaan air kota ini.
Tak hanya itu, masyarakat lokal memanfaatkan taman di tepi sungai sebagai sarana olahraga, senam, paduan suara, anak-anak menari, bermain catur, kumpul keluarga, secara rutin.

Bahkan ada jadwal yang telah masyarakat setempat tetapkan agar jika ada rekan maupun wisatawan yang tertarik dapat mengikuti kegiatan bersama, misal: Tai Ji, senam bagi orang tua, dsb.

Masyarakat memiliki inisiatif yang tinggi oleh karena tersedianya tempat yang dapat dimanfaatkan oleh publik.
Tidak heran, tingkat produktivitas masyarakatnya cukup tinggi.

Menurut survey yang JSC langsungkan, kebiasaan anak-anak dan pemuda di China adalah belajar (pukul 07.00 pagi - 08.00 malam) dan berolahraga ketika malam. Sedangkan mayoritas manula akan berkumpul dengan kawan seusia, berolahraga, bernyanyi dan menari.

Mari belajar dari China....


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top