Minggu, 05 Oktober 2014

Siaran Pers Koalisi Sungai Jawa Desak Stop Betonisasi Sungai

Minggu, Oktober 05, 2014

"aksi didepan kantor Kementerian Pekerjaan Umum membongkar kemalasan mereka" ada teman dari Kali Cipinang dengan lantang teriak MENTERI PU PROJECT MINDED, " ada juga dari TKPSDA Ciliwung menyatakan emang respon Kementerian PU Lamban dalam menanggapi laporan masyarakat,"

Lembaga negara segede ini tidak melahirkan respect Dari Rakyatnya, Mereka disibukkan mengatur uang untuk proyek merusak sungai." Ini semua karena kita juga tidak keukeuh untuk mengawasi, mengontrol dan mencampuri urusan negara dengan sungguh-Sungguh, Orang-orang dalam kementerian PU bahwa tidak khatam dan secara paripurna memahami amanat undang-undang yang mengatur pekerjaan mereka. Di Ciliwung saja banyak kegagalan KERJA Menteri PU tak bisa dibayangkan bagaimana kerja-Kerja PU di jawa Timur (Brantas) atau di Luar jawa.

Untuk selamanya mari kita mencampuri urusan sungai karena Kementerian PU tidak memiliki keberfihakan pada pengelolaan sungai yang lestari.

Gunakan Pendekatan Ekosistem 
Pertegas Kewenangan dalam Pengelolaan Sungai Indonesia

1.     Mengarus utamakan Pendekatan ekosistem dalam pengelolaan Sungai. Menggunakan pendekatan ekosistem dalam pengelolaan sumber daya air yang meliputi konservasi dan pendayagunaan sumber daya air serta pengendalian daya rusak air pada wilayah sungai. Memandang sungai yang terdiri dari Palung sungai, dataran banjir dan bantaran sungai sebagai satu kesatuan ekosistem yang saling berinteraksi membentuk suatu keseimbangan alam

2.     Stop Betonisasi Sungai, Karena Sungai Bukan Selokan/Got. Menghentikan Betonisasi sungai sebagai satu-satunya cara untuk mengendalikan erosi sungai dan pengendalian banjir.  Pengendalian erosi sungai dengan membangun penguat tebing sungai berupa turap plengsengan dari pasangan batu semen harus mulai ditinggalkan dan diganti dengan rekayasa vegetasi ekohidrolika yang lebih ramah lingkungan. Pembangunan turap beton membutuhkan biaya mahal, masif, tidak alami, serta memperpendek aliran sungai karena biasanya disertai dengan pelurusan sungai, menurunkan faktor kekasaran dinding sungai dan meningkatkan kecepatan air, serta meningkatkan potensi erosi di wilayah hilir.
Sungai dengan dinding pasangan batu semen, beton atau urugan tanah memiliki retensi banjir dan erosi yang sangat rendah, serta memiliki keanekaragaman hayati yang lebih rendah dibandingkan kondisi alami. Pengendalian erosi tebing sungai dengan cara konvensional semakin memperparah kerusakan ekologi sungai, sehingga perlu penerapan rekayasa ekohidrolika dalam stabilisasi tebing sungai. Rekayasa hidrolika konvensional merubah total kondisi sungai alamiah menjadi kondisi sungai buatan seperti kanal atau selokan yang homogen dan tanpa vegetasi.
Pada sungai alamiah, koefisien hambatan aliran merupakan gabungan dari koefisien hambatan, bentuk dasar saluran, bentuk tebing, bentuk memanjang saluran dan struktur vegetasi.

3.     Evaluasi Peran  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). BBWS Brantas dan BBWS Ciliwung Cisadane tidak maksimal memerankan fungsi
(a), pelaksanaan operasi dan pemeliharaan sumber daya air pada wilayah sungai
(b), Pengelolaan sistem hidrologi,
(c), pengelolaan sumber daya air yang meliputi konservasi dan pendayagunaan sumber daya air serta pengendalian daya rusak air pada wilayah sungai. Pertama, banyaknya terjadi alihfungsi sempadan sungai di Depok (Ciliwung) dan Kali Surabaya (Brantas), Kampung Ciwaluh Desa Wates (Cisadane) yang berstatus kawasan lindung diubah menjadi kawasan terbangun seperti apartemen, rumah dan Toko (ruko), Gudang, perumahan dan fungsi usaha lainnya.Salah satu penyebabnya adalah belum ditentukannya batas garis sempadan sungai.
Pelanggaran pemanfaatan sungai menunjukkan lemahnya peran koordinasi BBWS dengan Instansi lain. Kedua, Tingginya tingkat pencemaran sungai-sungai di Jawa akibat tidak adanya upaya penegakan hukum bagi pelaku pencemaran dan minimnya peran Pemerintah dalam pengendalian pembuangan sampah disungai dan pengolahan limbah domestik. Abainya BBWS Brantas terhadap peran fungsinya mendesak untuk dikembalikan peran Pengelolaan Sungai pada Provinsi.,

Condet, 29 September 2014    
KOALISI SUNGAI JAWA (CISADANE, CILIWUNG, BENGAWAN SOLO DAN KALI BRANTAS)
1. Abdul Kodir/081380748996 (komunitas Ciliwung Condet)
2. Rully Mustika Adya/ 083831106333(Komunitas Anti Lupa Pencemaran Kali Brantas)
3. Hari Yanto/08561235298 (komunitas Cisadane)
4. Sudirman Asun/081212125108 (CIliwung Institute)
5. Prigi Arisandi/08175033042 (Ecoton-Brantas)
--

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top