Rabu, 17 Oktober 2012

Pohon Kemang

Rabu, Oktober 17, 2012




Pohon Kemang (Mangifera kemanga)
Lokasi : Pohon ( Ciliwung Kedung Lio - Pejanten Timur)
Buah ( Ciliwung Bojonggede )

Masih banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa kemang adalah nama buah, walaupun tinggal domisili di daerah Kemang, itu benar benar terjadi ketika saya dan teman teman komunitas pertama kali mencobai buah ini sewaktu kemping di Ciliwung bojonggede, beragam pendapat a
tas rasa buah esotik ini, ada yang bilang seperti rasa yogurt manis asam dan wangi, ada yang bilang seperti rasa rujak bebeg.

Kemang adalah pohon buah sejenis mangga dengan bau yang harum menusuk dan rasa yang masam manis.

Buah kemang yang masak coklat agak hijau kusam, berbincul di pangkalnya. Tak seperti binjai, buah kemang yang muda dapat dimakan, meski amat masam rasanya

Kemang terutama ditanam untuk buahnya, yang biasa dimakan segar setelah buah itu masak atau dijadikan campuran es. Buah kemang juga biasa dijadikan sari buah. Buah kemang yang muda disukai untuk bahan rujak. Demikian pula bijinya, yang dalam keadaan segar diiris-iris dan dimakan setelah dibumbui serta ditambah kecap. Daun kemang yang masih muda (kuncup) digunakan untuk lalap dan kerap dihidangkan di rumah-makan Sunda.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top