Senin, 27 Juli 2015

Launching Logo Baru Ciliwung Institute Pada 27 Juli 2015 #HariSungaiNasional

Senin, Juli 27, 2015

Logo Baru Ciliwung Institute Mulai 27 Juli 2015
CILIWUNG INSTITUTE
Konservasi Daerah Aliran Sungai Ciliwung


credit design logo : @fahmeejuljul


Arti Warna Logo
Biru mewakili Air, Aliran Air dan Lahan Basah
Hijau mewakili Pohon, Tumbuhan dan Tanaman
Merah mewakili  Idealisme dan Perlawanan

Filosofi Logo 
Gelombang diartikan adalah penyampaian media kampanye, bahasa dan komunikasi baru bisa tersampaikan dan dimengerti ketika disampaikan pada frekuensi dan bahasa yang sama sama dimengerti.

Hijrah atau bergeraknya air, sinar, suara semua kecepatan pergerakannya digambar dalam bentuk gelombang.

Seperti titik gelombang air yg bergerak makin menjauh semakin membesar, ada harapan gerakan pemulihan dan penyelamatan lingkungan sungai ciliwung menjadi gerakan yang semakin membesar sehingga menjadi masuk akal bisa dilakukan ketika menjadi satu gerakan besar.

Capung melambangkan biota sungai yg membutuhkan kualitas lingkungan yang sehat terutama kualitas air.
Capung juga merupakan predator bagi hama serangga pertanian hingga musuh dari jentik nyamuk.
3/4 daur hidup capung hidup di air dalam bentuk larva dan membutuhkan kualitas air yg sehat.

Capung adalah sahabat petani dan manusia karena membantu mengurangi pemakaian racun pestisida yang menjadi ancaman pencemaran air dan aliran sungai habitat capung, capung sebagai serangga predator mampu membantu mengurangi hama serangga pakan alami capung.

Contoh hubungan Simbiosis Mutualisme Capung dan Petani bisa menjadi contoh bagaimana satu bentuk konservasi yang ideal, dimana petani adalah pelaku konservasi sebenarnya, karena petani sangat bergantung pada kemurahan hati alam dan kondisi lingkungan yang baik untuk menghasilkan hasil alam yang bagus.
Pemberdayaan masyarakat dan petani diharapkan menjadi titik baru pelaku konservasi di tanah air Indonesia, kita tidak perlu seremonial #ABS Lips Service pejabat pejabat kepala pemerintah mengajak menanam 1 milyar pohon dan lain lain, namun tanpa dibuat sistem dan kebijakan yang jelas tentang jaminan perlindungan dan budaya merawat dan memelihara.

Semoga diluncurkan Logo Ciliwung Institute yang baru momentun pada Hari Sungai Nasional 27 Juli 2015 menjadi semangat baru pemulihan dan penyelamatan sungai sungai di Indonesia yang didasari oleh semangat "Konservasi Berbasis Masyarakat, Selamatkan Yang Tersisa".
Sungai bukan milik KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) apalagi penguasaan pengelolaan oleh Kemen PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) yang tidak tahu menahu dan mengerti soal paham Ekologi dan Habitat Ekosistem, Sungai adalah milik kita, milik petani dan milik masyarakat sebagai pelaku dan penerima manfaat Sumber Daya Air dan sekaligus penerima akibat dari bencana ketika sungai mengalami kerusakan.

Mari Selamatkan Sungai Sungai Indonesia...!!!
#SavetheRiver
Selamat Hari Sungai Indonesia..!!

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top