Selasa, 29 Oktober 2013

Perspektif Ciliwung “Mari Kenali Sungai Kita” Dr. Tarsoen Waryono

Selasa, Oktober 29, 2013

Perspektif Ciliwung
"Mari Kenali Sungai Kita"
Dr. Tarsoen Waryono
Narasumber
Dr. Tarsoen Waryono
Pengajar pada Program Studi Geografi FMIPA UI
Ketua Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Geografi FMPA UI
Pemerhati DAS dan Tata Ruang

Tempat dan Peserta
Diskusi dilaksanakan di Sekretariat Komunitas Ciliwung Condet Jl. Munggang No. 6 RT 10 RW 4 Kel. Balekambang Kec. KramatJati Jakarta Timur pada Sabtu 26 Oktober 2013 pukul 13.00-16.30 WIB.  Jumlah peserta yang hadir 25 orang berasal dari Komunitas Ciliwung Hulu-Hilir, BPDAS, mahasiswa, dan pemerhati sungai.
Pemaparan
Dr. Tarsoen memaparkan hasil riset dan pemikiran akademik terkait dengan DAS Ciliwung Melalui pengggunaan analisis citra landsat tahun 1992-2001, berbagai perubahan penutupan lahan dari tahun ke tahun dan parameter ekologi terlihat jelas bahwa DAS Ciliwung semakin kritis.  Penelitian Dr. Tarsoen di 13 sungai di Jakarta memperlihatkan suatu morfologi sungai dan karakteristiknya.  Secara keseluruhan Dr. Tarsoen menyampaikan materi tetang “status ekologi DAS Ciliwung” dan “Konsep Bioregional Daerah Resapan”. 

Beberapa catatan penting dari pemaparan ini diantaranya;
·         Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait dengan perlindungan sempadan sungai tidak dilaksanakan dengan penuh konsekuen.  Sebagai contoh implementasi Kepres 32 tahun 1990, UU No. 26 tahun 2007, dan PP No. 38 tahun 2012.  Masing-masing kebijakan memiliki ketentuan tersendiri tentang lebar sempadan sungai.
·         Penanganan masalah banjir Ciliwung cenderung bersifat sementara dan berbasis teknik sipil tanpa pertimbangan ekologi yang lengkap.  Misalnya “betonisasi” bantaran Ciliwung yang dibungkus dengan program “normalisasi”.
·         Belum ada kepastian dan komitmen pemerintah (sebagai pengelola sungai sesuai amanat kebijakan) terkait dengan pengelolaan sungai secara terpadu.

Diskusi
1.      Perlu gerakan yang lebih besar di antara Komunitas Ciliwung dalam satu wadah yang kuat. Saat ini telah ada Komunitas Ciliwung Hulu-Hilir dengan berbagai keunikan kegiatan masing-masing.  Keunikan dan karakteristik kelompok Komunitas Ciliwung tersebut perlu dipertahankan.  Penguatan kelembagaaan Komunitas Ciliwung Hulu-Hilir secara keseluuruhan dimaksudkan untuk memperkuat posisi komunitas.  Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah bersatu dalam Forum DAS Ciiliwung.

2.      BPDAS siap dan berkomitmen memfasilitasi pembentukan dan implementasi program Forum DAS Ciliwung paling tidak dalam 2 tahun setelah pembentukan.  Fasilitasi tersebut, misalnya terkait dengan pendanaan untuk konsolidasi dan penguatan organisasi Forum DAS Ciliwung.
3.      Perlu segera dilakukan riset untuk mengetahui “ Status Ekologi Sempadan Ciliwung” yang secara teknis dapat dilakukan komunitas di masing-masing segmen.  Perguruan tinggi di wilayah DAS Ciliwung diharapkan dapat menjadi back up akademik pelaksanaan riset ini.  Sementara diusulkan, BPDAS dapat membantu pendanaan operasional riset tersebut.  Riset ini sangat mendesak untuk memberikan basis argumentasi yang jelas dari komunitas terhadap ancaman kerusakan sempadan sungai yang lebih parah.

Tindak Lanjut
·         Komunitas Ciliwung hulu-hilir sepakat untuk mengambil peran yang lebih luas dengan bergabung ke dalam Forum DAS Ciliwung.  Oleh karena itu, peserta diskusi menyatakan bahwa perlu ada pemimpin yang muncul dari unsur komunitas.  Perlu dibuat tim kecil untuk mulai menyusun draf AD/ART dan pertemuan konsolidasi Komunitas Ciliwung.
·         Deklarasi “Komunitas Ciliwung Bersatu” setidaknya dapat dilakukan pada saat peringatan hari  Ciliwung yang diperingati 11 November 2013.
·         Penyusunan kerangka acuan “riset ekologi sempadan sungai Ciliwung” dengan koordinasi bersama Dr. Tarsoen dan BP DAS serta komunitas Ciliwung.

Umpan balik
1.      Materi yang disampaikan sangat luas
2.      Penggunaan bahasa ilmiah yang terlalu banyak, sehingga ada beberapa peserta diskusi yang belum memahami konteks diskusi yang sedang berjalan.

Pilihan tema diskusi berikutnya
1.      Sejarah dan Situs Budaya Ciliwung – Fakultas Ilmu Budaya UI

2.      Ekologi ikan Ciliwung – LIPI atau UI
(( Penulis : Muhamad Muslich )

Lokasi : Komunitas Ciliwung Condet
Jakarta Timur

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top