Senin, 08 April 2013

Puncak Yang Kian Belangsak

Senin, April 08, 2013

Apa ga ada tempat sampah ya...? 

( Foto dan Tulisan : Sugi Qtynk )

Tempat yang berhawa sejuk dan dingin di selatan Jakarta ini sejak dulu sudah menjadi daerah tujuan wisata, kawasan dengan hamparan kebun teh yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango ini memang menjanjikan udara yang segar bagi penikmat alam yang datang untuk tujuan refreshing. 

Seiring dengan pesatnya perkembangan daerah tersebut kini kawasan puncak terlihat makin semrawut, 
lihat saja : 
- kemacetan yang terjadi hampir setiap akhir pekan 
- warung pinggir jalan yang tumbuh subur tak terkendali bak jamur di musim hujan 
- sampah berserakan dimana-mana 
- pembangunan villa yang tidak memperhatikan peruntukan wilayahnya…dll.

Saya mengenal daerah puncak sejak tahun 1989, dahulu tempat ini begitu nyaman dan tidak se semrawut sekarang. Masyrakat kelas atas maupun kalangan bawah bisa menikmati pemandangan di daerah ini dengan nyaman. Tapi kini jauh berbeda lihat saja sendiri…

Entah bagaimana Pemda setempat dalam mengelola kawasan ini, bantaran jalan yang tidak seharusnya sebagai tempat berjualan di biarkan menjamur bahkan difasilitasi serta di tarik pungli. 

Mengapa tempat-tempat perhentian yang sudah ada tidak di optimalkan dibangun dengan desain yang indah dan ramah lingkungan untuk mengakomodir para pedagang yang bertebaran?

Kawasan hijau yang dilarang peruntukannya dibiarkan dibangun villa-villa megah yang dihuni hanya sesaat. 
Mengapa tidak dilarang secara tegas !!, padahal kita tahu bahwa dengan mendirikan bangunan permanen artinya sama dengan mengurangi kawasan hijau sebagai resapan air?

Rasa-rasanya mereka itu bukan orang tolol yang tidak mengerti menata lokasi, karena seorang Bupati atau pejabat dipilih karena kepintaran dan kecerdasannya untuk membangun daerahnya.

Pada dasarnya masyarakat mau diatur dan diajak musyawarah untuk memperbaiki daerahnya yang memang itu merupakan lahan mata pencaharian mereka.

Ini sekedar suara rakyat kecil yang ingin daerahnya tetap indah dan layak sebagai daerah tujuan wisata. Saya hanya tidak ingin puncak jadi daerah belangsak…

Wassallam..
Sumber: Sugi Qtynk
Puncak Yang Kian Blangsak 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top