Senin, 18 Maret 2013

"Pay For Plastic Bag" Carrefour dan Toko Sebelah

Senin, Maret 18, 2013

"Kami Tidak Bisa Menerapkan Program Ini Kalau Toko Sebelah Juga Belum Melaksanakan Ketentuan Ini.." 
Inilah alasan klise yang dilontarkan manajemen salah satu retair besar pernah mencoba membuat ketentuan "Tidak Menyediakan Kantong Plastik Gratis" kepada pelanggannya.

Karena takut kalah kompetisi, Program ini hanya bertahan sekitar 2 bulan karena customernya banyak yang komplain, karena selama ini konsumen telah lama dimanjakan dengan pelayanan kantong plastik "GRATIS".
Orang Indonesia merasa enggan, tidak praktis dan direpotkan ketika diwajibkan harus membawa kantong belanja sendiri.

Karena masih "GRATIS", konsumen Indonesia sangat susah untuk diajak untuk mengurangi pemakaian kantong plastik (Diet Kantong Plastik), tingginya pemakaian kantong plastik sekali pakai juga berimbas meningkatnya sampah plastik sehingga tidak tertampung ke TPA dan akhirnya sampah plastik yang tidak tertangani ini dibuang sembarangan dan menumpukl di sungai dan perairan sebagai tempat yang paling rendah.

Sampah sampah plastik ini merusak ekologis dan ekosistem perairan sungai, danau dan terakumulasi di pantai dan laut. Menutupi pernafasan pohon, terumbu karang ataupun tertelan dan mematikan satwa yang mengira kantong plastik adalah makanan karena bentuknya yang menyerupai ikan dan cumi di dalam air.

Sudah saatnya pemerintah Indonesia membuat peraturan dan regulasi yang mengatur pembatasan pemakaian kantong plastik sekali pakai buang dan tidak dibagikan secara "GRATIS" di retair sebagai edukasi kepada masyarakat untuk ikut peduli dan memelihara lingkungan.


Foto : Mardha Tillah
It says: 
- Mulai 15 Okt 2012, Carrefour Lebak Bulus TIDAK MENYEDIAKAN lagi kantong plastik gratis 
- Jika membutuhkan plastik BISA menghubungi customer service. 

comment: Mayaaann, ada disinsentif buat yg gak bawa tas kain. Kemajuan 1 langkah utk ngurangin plastik :)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top