Selasa, 19 Februari 2013

Antara Aku, Pohon, Air Sungai dan Sumber Air Minumku!

Selasa, Februari 19, 2013


Antara Aku, Pohon, Air Sungai dan Sumber Air Minumku....!

Berapa liter kebutuhan kita akan air bersih/hari....?
Tahukah kita bahwa sumber air bersih yang mengalir ke rumah kita diambil dari air sungai yang mengalir di kota kita....?

Menurut Permendagri No. 23 Tahun 2006, standar kebutuhan pokok air minum
adalah kebutuhan air sebesar 60 liter/ orang per hari, dengan jumlah penduduk yang makin bertambah, otomatis permintaan kebutuhan penyediaan air bersih meningkat, hal ini kontradiktif dengan makin susahnya bahan baku air yang layak olah, sungai yang semakin rusak dan tercemar, kurangnya tutupan hijau yang menjadi resapan air hujan.

Sungai Ciliwung walaupun tercemar berat ( baku mutu air kelas 4), aliran Ciliwung masih diandalkan sebagai bahan baku untuk diolah menjadi air bersih, seperti intake pengolahan air Ciliwung Tirta Kahuripan di jalan Citayam - Depok, dan Intake PDAM Ciliwung Kedung Halang Kota Bogor.

Kerusakan hutan di daerah hulu dan alih fungsi lahan yang mengokupasi RTH dan daerah resapan air, membuat kerusakan sungai sebagai sumber daya air permukaan yang bisa kita rasakan dengan erosi dan longsor yg mengakibatkan sedimentasi, pendangkalan aliran sungai, debit air sungai yg semakin fluktuatif (debit tidak stabil dan keruh), banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top