Kamis, 06 Desember 2012

Jamur Tudung Pengantin - Phallus Indusiatus Vent.

Kamis, Desember 06, 2012


Jamur Tudung Pengantin Phallus indusiatus 
Vent. (1798)
(Lokasi : Ciliwung Condet 4 Des 2012)

Jamur langka yang berpenampilan cukup unik dengan struktur seperti jaring yang disebut indusium (atau kurang teknis "rok") yang menggantung dari kerucut ke lonceng berbentuk topi seperti kerudung pengantin atau cadar jaring perempuan bangsawan Eropa.

Jamur ini menghasilkan bau bauan yang menarik perhatian Serangga sehingga membantu penyebaran spora dengan mengkonsumsi Gleba dan deposito kotoran yang mengandung spora utuh untuk berkecambah di tempat lain. Meskipun fungsi indusium ini tidak diketahui pasti, secara visual dapat menarik serangga tidak dinyatakan tertarik dengan bau, dan berfungsi sebagai tangga untuk merangkak serangga untuk mencapai Gleba.

Di beberapa negara seperti China, jamur ini dimanfaatkan sebagai obat obatan dan telah berhasil di budidayakan, sangat disayangkan di Indonesia, jamur jamur yang bisa dimanfaatkan sebagai farmasi dan obat obatan belum tergarap penuh dan kurang menarik perhatiaan utnuk diadakan penelitian dan pengembangan manfaat jamur jamuran selain sebagai bahan makanan.

(dari berbagai sumber)


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

 

© 2013 Ciliwung Institute. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top